Isnin, 26 Julai 2010

Menyambut Nisfu Sya'ban (26 Julai 2010-Isnin)



Apabila datang malam nisfu Sya'ban surau dan masjid berlumba-lumba mengadakan majlis baca surah Yaasiin selepas maghrib. Walaubagaimanapun tidak ada nas yang jelas mengenai amalan tersebut. Namun membaca Surah Yaasiin itu tidak salah dan insyaAllah mendapat pahala jika dibaca dengan cara dan niat yang betul. Secara lawaknya daripada tidak berbuat apa-apa atau macam kata Ustaz Halizal daripada bernyanyi lagu Peter Porn lebih baiklah baca Surah Yaasin. Apakah keutamaan sebenar Nisfu Sya'ban ini??

Dikutip dari buku al-Fawaaidul Mukhtaaroh Diceritakan bahwa Ibnu Abiy as-Shoif al-Yamaniy berkata, “Sesungguhnya bulan Sya’ban adalah bulan sholawat kepada Nabi saw, karena ayat Innallooha wa malaaikatahuu yusholluuna ‘alan Nabiy … diturunkan pada bulan itu. (Ma Dza Fiy Sya’ban?)

Syaikh‘Abdul Qadir al-Jailaniy berkata, “Malam Nishfu Sya’ban adalah malam yang paling mulia setelah Lailatul Qodr.” (Kalaam Habiib ‘Alwiy bin Syahaab)

Sayidina Ali bin Abi Tholib Karromalloohu Wajhah meluangkan waktunya untuk ibadah pada 4 malam dalam setahun, yakni: malam pertama bulan Rojab, malam 2 hari raya, dan malam Nishfu Sya’ban. (Manhajus Sawiy dan Tadzkiirun Nas)

Al-Imam As-Subkiy.rhm berkata, bahwa malam Nishfu Sya’ban menghapus dosa setahun, malam Jum’at menghapus dosa seminggu, dan Lailatul Qodr menghapus dosa seumur hidup.

Diriwayatkan kapadaku bahwa Sahabat Nabi Usamah bin Zaid.ra berkata kepada Nabi SAW, “Ya Rasulullah, aku belum pernah melihat engkau berpuasa di bulan lain lebih banyak dari puasamu di bulan Sya’ban.”

Kata Nabi, “Bulan itu sering dilupakan orang, karena diapit oleh bulan Rajab dan Ramadhan, padahal pada bulan itu, diangkat amalan-amalan (dan dilaporkan) kepada Tuhan Rabbil Alamin. Karenanya, aku ingin agar sewaktu amalanku dibawa naik, aku sedang berpuasa.” (HR Ahmad dan Nasai - Sunah Abu Dawud).

Artikel di atas di petik dari blog Ustaz Yussaine Yahya bagi memanjangkan artikel ilmiah beliau.. Mudah-mudahan kita semua dapat manfaat dan beramal dengannya. Untuk lebih memahami sila ke blog http://jihadtegakislam.blogspot.com/

1 ulasan: